Coban Supit Urang – Air Terjun dari Desa Madiredo

coban supit

Kota Malang tak pernah kekurangan stok wisata airnya. Selain Wisata Air Krabyakan dan Pemandian Sumber Polaman, ada satu tempat wisat air di Malang lainnya yang patut dikunjungi. Adapun tempat wisata tersebut tak lain adalah Coban Supit Urang. Tempat wisata tersebut beralamat di Taman Hutan Raya R Soeryo, Desa Madiredo, Kecamatan Pujon.

Coban atau air terjun ini sendiri terdiri dua bagian, yaitu: Coban Supit Urang Atas dan Coban Supit Urang Bawah. Jarak antara dua coban tersebut cukup jauh. Belum lagi trek antara dua coban tersebut juga terbilang tidak mudah. Pasalnya, untuk berpindah dari satu bagian coban ke bagian coban lainnya, kita diharuskan untuk melewati tebing yang cukup curam. Untuk itulah, persiapan fisik sangatlah penting bila hendka berwisata ke tempat wisata ini.

Rute Menuju Tempat Wisata

Untuk sampai ke tempat wisata ini, kita mesti menuju Makam Pahlawan Pujon. Sesampai di pemakaman tersebut, perjalanan pun lalu dilanjutkan ke Desa Madiredo. Selama di perjalanan, diusahakan untuk rajin bertanya kepada warga sekitar. Sebab, di sepanjang jalan menuju tempat wisata ini, tidak ada plang atau penunjuk arah khusus yang mengarahkan pengendara ke Cuban Supit Urang. Setelah sampai di tempat wisata ini, kita tak perlu membayar harga tiket masuk (HTM). Tetapi, kita hanya perlu membayar parkir sebesar Rp. 2.000 saja.

Pemandangan Coban Supit Urang dan Sekitarnya

Saat masuk ke area tempat wisata ini, kita akan pemandangan air terjun yang indah dan tidak terlalu tinggi. Di sekeliling air terjun tersebut, terdapat beberapa batuan alam yang mengitari air terjun tersebut. Bebatuan alam tersebut juga terdapat di bagian tebing air terjun ini. Berbeda dengan bebatuan yang ada di bagian bawah, bebatuan di bagian tebing air terjun ini ditumbuhi vegetasi hijau serupa lumut di beberapa bagiannya.

Seperti yang disebutkan di awal-awal tulisan, bahwa air terjun ini terbagi menjadi dua bagian, yakni: Coban Supit Urang Atas dan Coban Supit Urang Bawah. Kedua bagian Coban Supit Urang tersebut sama-sama mempunyai keindahannya sendiri. Sayangnya, trak menuju kedua bagian Coban Supit Urang ini begitu sulit, karena masih berupa trek yang curam dan membahayakan. Namun, kita tak perlu khawatir. Sebab, selama di perjalanan, kita akan dipandu oleh petugas khusus yang bertugas di tempat wisata ini.

Jika kita hendak menjelajahi tempat wisata ini lebih jauh, maka kita akan menemukan sejumlah tempat wisata menarik lainnya di dekat Coban Supit Urang. Adapun beberapa tempat wisata tersebut antara lain Coban Undak dan Watu Talang.

Untuk bisa mencapai ke dua tempat tersebut, lagi-lagi kita harus melewati trek yang begitu curam. Meski begitu, trek curam yang akan kita lewati nanti akan tergantikan oleh indahnya dua tempat wisata tersebut.

Related posts

Leave a Comment