Wonosari Agro Tourism – Wisata Kebun Teh di Wilayah Utara Malang

Wonosari Agro Tourism atau Agrowisata Kebun Teh Wonosari merupakan kawasan kebun teh yang ada di utara kota Malang, tepatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari.

Kebun teh ini mempunyai luas sebesar 1.144 hektar dan terletak di ketinggian 950-1.250 Mdpl.

Di tempat wisata ini, kita bisa merasaskan udara perkebunan yang dingin dan sejuk, serta pemandangan kebun teh yang hijau dan terbentang luas di sekitar kita.

Aktivitas Wisata yang Bisa Dilakukan dan Fasilitas Tempat Wisata

Selain melihat indahnya pemandangan perkebunan, di sini kita juga bisa melakukan sejumlah kegiatan wisata.

Adapun salah satu kegiatan tersebut adalah menikmati sejumlah wahana dan kendaraan yang ada di sekitar perkebunan ini. Kereta Kelinci, ATV, Sepeda Air, dan Wall Climb adalah beberapa wahana dan kendaraan yang bisa dipakai oleh para wisatawan.

Kesemua kendaraan dan wahana tersebut dipatok dengan tarif yang terjangkau, mulai dari Rp. 5.000 hingga Rp. 175.000.

Selain menikmati sejumlah wahana dan kendaraan, kita juga bisa melihat proses pengolahan daun teh secara bertahap, mulai dari proses pelayuan hingga pengiriman daun teh yang sudah diolah.

Masih ada sejumlah kegiatan wisata lainnya yang bisa dilakukan di sini, seperti berenang, berolahraga, tea walk, berbelanja tanaman, sampai melihat koleksi hewan di kebun binatang mini yang ada di kebun teh ini.

Terdapat beberapa fasilita penunjang yang ada di tempat wisata ini. Adapun beberapa fasilitas tersebut antara lain: penginapan, rumah makan, toilet umum, tempat parkir, dan toko cinderamata.

Akses Jalan, Jam Buka, dan Harga Tiket Masuk

Untuk bisa sampai ke tempat wisata ini, kita bisa menempuh dua cara, yaitu: dengan kendaraan pribadi atau menaiki kendaraan umum.

Khusus untuk yang mengambil pilihan kendaraan umum, kita bisa menaiki angkutan umum dari Malang ke Surabaya dan kemudian turun di terminal Lawang.

Sesampainya di terminal tersebut, kita harus menaiki angkutan khusus yang menuju ke Wonosari. Bila kita datang dengan rombongan, maka kita bisa menyewa kendaraan bermuatan banyak yang biasa disewa dengan tarif Rp. 25.000.

Tempat wisata ini sendiri buka setiap hari, mulai dari pukul 7 pagi hingga jam 5 sore. Maka dari itu, disarankan untuk datang ke tempat wisata ini di sekitar jam-jam tersebut. Adapun ketika sampai di tempat wisata ini, kita diharuskan membayar sejumlah harga tiket masuk (HTM).

Jika kita datang di sekitar hari Senin hingga Sabtu, maka kita mesti membayar HTM sebesar Rp. 8.000. Tetapi, jika kita datang di Minggu dan hari libur nasional, maka kita diharuskan membayar HTM sebesar Rp. 12.000.

Tips Penting Saat Berwisata di Wonosari Agro Tourism

Ada beberapa tips penting saat berwisata di tempat wisata ini. Pertama, berhati-hatilah jika melangkah di jalan setapak tempat wisata ini.

Sebab, jalan di tempat wisata ini begitu licin dan juga sempit. Terakkhir, pakailah jaket atau pakian hangat lainnya selama ada di sini. Hal itu dikarenakan cuaca di tempat wisata ini tergolong cukup dingin.

Related posts

Leave a Comment